Kamis, 14 Juni 2012

Contoh Soal PLPG untuk Materi Pedagogik

CONTOH soal Model,Media & Evaluasi Pembelajaran
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang Anda anggap paling tepat!

1. Berikut ini yang merupakan contoh pendekatan pembelajaran, adalah
a. Pembelajaran kooperatif
b. Pemecahan masalah
c. Cara belajar Siswa Aktif
d. Penemuan
e. Ekspositori

2. Diantara istilah model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran, manakah yang mempunyai cakupan yang paling luas adalah
a. Model pembelajaran
b. Strategi Pembelajaran
c. Pendekatan Pembelajaran
d. Metode pembelajaran
e. Teknik Pembelajaran

3. Seorang guru matematika melaksanakan pembelajaran teorema Phytagoras dengan pendekatan CTL. Kegiatan pembelajaran berikut yang tepat adalah
a. Guru memberikan tugas siswa mengerjakan soal-soal berkaitan dengan teorema Phytagoras
b. Guru memberikan tugas siswa mencari soal-soal yang berkaitan dengan teoremaPhytagoras
c. Guru member tugas siswa untuk mencari materi teorema Phytagoras di perpustakaan
d. Guru menyiapkan alat dan bahan seperti kertas karton, gunting, penggaris, kemudian bersama-sama siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa, guru membimbing menemukan teorema Phytagoras
e. Guru menyiapkan alat peraga, berupa berbagai segitiga siku-siku yang disertai ukurannya, kemudian bersama-sama siswa, guru menunjukkan kebenaran teorema Phytagoras

4. Berikut yang merupakan tiga pilar dalam pendekatan CTL adalah
a. (1) prinsip kesaling-bergantungan, (2) prinsip deferensiasi dan (3) prinsip pengorganisasian diri
b. (1) prinsip kesaling-bergantungan, (2) prinsip deferensiasi dan (3) prinsip pembelajaran bermakna
c. (1) prinsip kesaling-bergantungan, (2) prinsip deferensiasi dan (3) prinsip penilaian autentik
d. (1) prinsip kesaling-bergantungan, (2) prinsip pembelajaran bermakna dan (3) prinsip penilaian autentik
e. (1) prinsip respon berbudaya, (2) prinsip pembelajaran bermakna dan (3) prinsip penilaian autentik

5. Pembelajaran matematika yang menekankan keterkaitan antara dunia nyata anak dengan materi yang diajarkan adalah
a. Pembelajaran dengan pendekatan realistic
b. Pembelajaran dengan pendekatan humanistic
c. Pembelajaran dengan pendekatan behaviouristik
d. Pembelajaran dengan pendekatan CTL
e. Pembelajaran dengan pendekatan terpadu

6. Berikut ini yang merupakan cirri dari suatu pembelajaran dengan pendekatan CTL adalah
a. Pengalaman nyata dan ekspositori
b. Kerja sama dan saling menunjang
c. Menyenangkan dan bersifat formal
d. Siswa akatif dan guru tidak perlu mengajar
e. Guru kreatif dan banyak tugas dari guru

7. Makna realistic dalam pembelajaran matematika realistik artinya adalah
a. Selalu menggunakan benda-benda konkrit
b. Sesuai keadaan yang ada
c. Sesuatu yang membutuhkan fakta-fakta nyata
d. Harus sesuai dengan kemampuan siswa
e. Sesuatu yang dapat dibayangkan dengan jelas oleh siswa

8. Suatu proses pembentukan konsep matematika dengan pentransformasian masalah dunia real ke masalah matematik disebut dengan
a. Matematika realistic
b. Matematika horizontal
c. Matematika vertical
d. Matematisasi horizontal
e. Matematisasi vertical

9. Berikut yang merupakan pernyataan yang paling benar adalah
a. Pendekatan pembelajaran merupakan gabungan dari berbagai strategi belajar
b. Model pembelajaran dicirikan dengan adanya sintaks pembelajaran
c. Suatu pembelajaran selalu menggunakan teknik pembelajaran
d. Model pembelajaran merupakan realisasi dari suatu pendekatan pembelajaran
e. Kegiatan pembelajaran selalu menggunakan metode tanya jawab

10. Tidak semua topic matematika akan tepat menggunakan model pembelajaran langsung. Contoh materi matematika yang tepat digunakan model pembelajaran langsung adalah
a. Penyelesaian system persamaan linier
b. Menentukan rumus volume bola
c. Pembuktian dalam matematika
d. Teorema Phytagoras
e. Jarak titik ke bidang

11. Kegiatan pembelajaran di bawah ini yang paling tepat dengan model pembelajaran langsung adalah
a. Pada awal pembelajaran siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan materi yang diajarkan
b. Pada awal pembelajaran guru menjelaskan materi, kemudian siswa diberikan latihan soal
c. Pada akhir pembelajaran diberikan penghargaan kelompok
d. Pada awal pembelajaran, siswa diberikan tugas membaca materi pembelajaran
e. Pada akhir pembelajaran siswa diminta mempresentasikan hasil dari tugas yang diberikan guru

12. Pendapat seorang ahli asal Rusia, yaitu Vygotsky mendefinisikan suatu teori perkembangan yang kemudian dikenal dengan Zone Proximum Development (ZPD). Berdasarkan teori tersebut, pernyataan berikut yang tepat adalah………….
a. Semua siswa dapat mencapai kemampuan yang sama
b. Semua siswa akan mudah belajar dengan gurunya
c. Kemampuan setiap individu dapat ditingkatkan sampai pada kemampuan aktualnya
d. Kemampuan setiap individu dapat ditingkatkan sampai pada kemampuan potensialnya
e. Setiap siswa pada prinsipnya dapat belajar mandiri

13. Dalam suatu pembelajaran membutuhkan suatu kegiatan seperti mengelaborasi. Salah satu cara mengelaborasi adalah dengan menjelaskan pengetahuannya kepada orang lain. Kegiatan mengelaborasi tersebut merupakan dasar teori dari
a. Pembelajaran langsung
b. Pembelajaran dengan metode ceramah
c. Pembelajaran kooperatif
d. Pembelajaran tradisional
e. Pembelajaran matematika realistic

14. Seorang guru matematika sekolah tertentu selalu menggunakan metode ceramah atau metode tradisional dalam pembelajaran. Kemudian guru tersebut berkeinginan menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam kegiatan pembelajarannya. Tipe pembelajaran kooperatif yang tepat yang digunakan guru tersebut adalah………….
a. Tipe STAD
b. Tipe Jigsaw
c. Tipe TGT
d. Tipe TAI
e. Tipe GI

15. Guru matematika akan membelajarkan materi volume bola. Guru tersebut menginginkan agar siswanya dapat bereksplorasi untuk mendapatkan rumus volume bola. Untuk keperluan tersebut menyiapkan bahan dan alat seperti karton, pasir atau beras, cuter, jangka, penggaris, dll. Dari gambaran tersebut tipe pembelajaran kooperatif apa yang tepat untuk keperluan tersebut adalah
a. Tipe STAD
b. Tipe Jigsaw
c. Tipe TGT
d. Tipe TAI
e. Tipe GI

16. Pada setiap tipe dari model pembelajaran kooperatif adalah rokognisi tim atau penghargaan kelompok. Langkah rekognisi tim tersebut berkaitan dengan unsur-unsur dari model pembelajaran kooperatif yang berupa……..
a. Saling ketergantungan positif dan akuntabilitas individu
b. Ketrampilan social
c. Interkasi tatap muka
d. Aktualisasi diri
e. Ketrampilan menjalin hubungan antar pribadi

17. Tipe STAD dan TGT dalam model pembelajaran kooperatif hamper sama. Perbedaannya terletak pada……….
a. Kegiatan kelompok
b. Kegiatan awal
c. Kegiatan kuis
d. Kegiatan rekognisi tim
e. Kegiatan akhir

18. Perbedaan tipe STAD dan TGT adalah, adanya game atau tournament pada tipe TGT. Berkaitan dengan hal tersebut, fungsi game atau tournament dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah………..
a. Sebagai kegiatan yang menyenangkan
b. Sebagai pengganti kuis individu
c. Untuk melatih persaingan
d. Untuk memotivasi siswa
e. Agar siswa selalu lebih siap

19. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI mempunyai keunggulan dibanding tipe-tipe lain dari model pembelajaran kooperatif. Keunggulan tersebut antara lain………..
a. Mudah dilaksanakan
b. Tidak memerlukan waktu yang lama
c. Dapat mengatasi permasalahan pembelajaran individual
d. Dapat membantu siswa yang mempunyai kecepatan belajar yang tinggi
e. Perangkat pembelajarannya mudah dibuat

20. Dalam model pembelajaran berbasis masalah, hal yang cukup penting adalah mendisain masalah. Untuk itu perlu membuat masalah sesuai dengan syarat-syarat masalah yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis masalah. Berikut yang merupakan syarat-syarat masalah yang digunakan model pembelajaran berbasis masalah, antara lain adalah
a. Masalah harus diselesaikan dengan memodelkan matematika terlebih dahulu
b. Masalah harus autentik dan menantang
c. Masalah dapat dikerjakan semua siswa
d. Masalah dapat dikerjakan beberapa siswa
e. Masalah harus berupa soal cerita

21. Siswa dalam mempelajari suatu konsep matematika melalui tiga tahap belajar, yaitu enaktif, ekonik, dan simbolik. Tahapan belajar ekonik adalah tahap belajar dengan……..
a. Memanipulasi benda atau obyek konkrit
b. Memanfaatkan benda sekitar
c. Memanipulasi lambing atau symbol
d. Menggunakan gambar
e. Menggunakan symbol

22. Jenis benda di bawah ini tergolong perangkat lunak
a. Pita kaset
b. Tape recorder
c. OHP
d. Projector Slide
e. LCD

23. Ciri khas diagram adalah
A. Menunjukkan hubungan antara dua benda
B. Menggambarkan data interpretative
C. Menunjukkan perbandingan
D. Pemakaian lambing visual untuk menjelaskan data
E. Menunjukkan penampang suatu benda

24. Untuk menggambarkan perbandingan antara bagian-bagian yang menunjukkan prosentase, lebih tepat digunakan grafik:
A. Garis
B. Batang
C. Gambar
D. Lingkaran
E. Bidang

25. Realita adalah:
A. Wakil benda sebenarnya
B. Benda tiruan
C. Benda yang sebenarnya
D. Benda ilustrasi
E. Media tiga dimensi yang mewakili benda sebenarnya

26. Slide merupakan gambar yang cirinya adalah:
A. Terbuat dari kertas karton
B. Bersifat individual
C. Menunjukkan gerak
D. Tidak dipantulkan di layar
E. Tidak memerlukan alat bantu

27. Berikut ini pengelompokkan jenis-jenis media oleh Bretz, kecuali
A. Multimedia
B. Media motion – visual
C. Media audio
D. Media still – visual
E. Media cetak

28. Pengelompokkan jenis-jenis media oleh Schram didasarkan pada
A. Fungsi
B. Indera
C. Perkembangan teknologi
D. Cara pemakaian
E. Jumlah audiens

29. Media yang memiliki fungsi utama untuk menurunkan keabstrakan konsep sering disebut……..
A. Sarana
B. Realia
C. Alat Peraga
D. Model
E. Multimedia

30. Berikut ini merupakan kelemahan media cetak adalah
A. Membutuhkan biaya perawatan yang mahal
B. Membutuhkan dukungan sarana dan prasarana
C. Mengandung resiko yang tinggi
D. Cenderung membosankan
E. Tidak selalu dapat memberikan gambaran sesungguhnya

31. Berikut ini merupakan factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran, kecuali
A. Motivasi siswa
B. Kemampuan Guru
C. Tingkat intelegensi siswa
D. Karakteristik Siswa
E. Status Sekolah

32. Prinsip kesederhanaan dalam pembuatan media adalah
A. Tulisan artistic
B. Mudah dipahami
C. Berupa barang bekas
D. Tidak membutuhkan biaya dalam pembuatan
E. Penekanan pada bagian tertentu

33. Keseimbangan informal dalam pembuatan media ditunjukkan dengan bentuk :
A. Monoton dan simitris
B. Dinamis
C. Dinamis dan diagonal
D. Diagonal
E. Simitris

34. Menurut model ASSURE, sebelum memilih media, guru perlu
A. Memilih materi yang berguna
B. Mengidentifikasi keadaan awal siswa
C. Mengetahui IQ setiap siswa
D. Memilih model pembelajaran
E. Meminta tanggapan siswa

35. Beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran
untuk mempertinggi kualitas pembelajaran adalah A. Guru perlu memiliki pemahaman terhadap media pembelajaran
B. Guru harus dapat menyiapkan tugas kepada siswa dalam membuat media pembelajaran sederhana
C. Guru harus mampu menilai hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran
D. Guru harus dapat menggunakan berbagai jenis media
E. Guru dapat membuat media yang dapat dikembangkan untuk kegiatan penelitian

36. Tes yang baik harus memenuhi dua persyaratan, yaitu…….
A. valid dan andal
B. reliabel dankonsisten
C. valid dan reliabel
D. valid dan mempunyai daya beda
E. reliabel dan mempunyai tingkat kesukaran yang baik
37. Perhatikan butir soal berikut ini.

Sebuah kotak dibuat dari selembar kertas,
} x yang berbentuk persegi panjang yang panjangnya 24 cm dan lebarnya 9 cm, dengan memotong persegi identik pada keempat pojoknya dan melipat ke atas sisi- sisinya. Carilah ukuran kotak agar volumnya maksimum. Berapa volum tersebut?
Butir soal tersebut merupakan butir soal…………
A. Uraian yang mengungkap aspek ingatan
B. Pilihan ganda yang mengungkap aspek ingatan
C. Uraian yang mengungkap aspek pemahaman
D. Pilihan ganda yang mengungkap aspek pemahaman
E. Uraian yang mengungkap aspek aplikasi

38. Melakukan analisis butir soal berarti melakukan analisis mengenai……….
A. Validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda
B. Validitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda
C. Reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda
D. Tingkat kesukaran dan daya pembeda
E. Tingkat kesukaran saja
39. Berikut ini adalah keunggulan tes uraian, kecuali………….
A. Dapat menguji bahan yang luas
B. Menghendaki pengorganisasian jawaban, sehingga dari tes uraian dapat dilihat jalan pikiran peserta tes
C. Jawaban disampaikan berdasarkan kata-kata dan tulisannya sendiri, sehingga dapat dilihat kejernihan jalan pikiran peserta tes
D. Mudah menyusun soalnya
E. Dapat membedakan secara jelas kemampuan masing-masing siswa

40. Berikut ini adalah kelemahan tes pilihan ganda, kecuali…………..
A. Sulit dipakai untuk mengukur aspek kemampuan yang tinggi
B. Memerlukan waktu yang lama dalam penyusunan soalnya
C. Jawaban soal tes objektif dapat diterka
D. Tidak dapat membedakan secara jelas kemampuan masing-masing siswa
E. Reliabilitasnya rendah

41. Perhatikan butir soaal berikut ini.

Jika f (x) = (4 – 3x)2 , maka f ‘(x) = …………
A. 4 – 3x
B. 18x – 24
C. 8x + 24
D. 8 – 6x
E. 16 – 12x

Butir soal tersebut merupakan butir soal yang mengungkap aspek……….
A. Ingatan
B. Pemahaman
C. Aplikasi
D. Sintesis
E. Evaluasi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar